Thalassemia dan Vitamin C

Thalassemia dan Vitamin C. Beberapa penelitian pada pasien thalassemia mayor, menunjukkan banyak pasien thalassemia mayor yang kadar vitamin C nya sangat rendah. Kadar vitamin C yang rendah ini menyebabkan pasien menunjukkan gejala kekurangan vitamin C. Gejala kekurangan vitamin C pada pasien thalassemia mayor diantaranya adalah sariawan, gusi berdarah, bengkak pada gusi atau di langit – langit rongga mulut. Pembengkakan pada rongga mulut pasien seringkali dikira disebabkan karena infeksi. Sehingga pasien mendapat terapi yang kurang tepat. Gejala – gejala di atas terjadi karena vitamin C merupakan bagian penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein protein penting yang terdapat di dalam jaringan ikat, tulang rawan, tendon, darah, tulang, dan kulit tubuh kita. Bila pembentukan kolagen terganggu maka organ  dan jaringan yang mengandung kolagen seperti kulit, dentin, tulang rawan dan pembuluh darah akan terpengaruh.

thalassemia vitamin c

Manfaat vitamin C bagi pasien thalassemia mayor adalah meningkatkan pengikatan besi oleh obat kelasi besi dan mereduksi ion ferro dan feri. Selain itu pemberian vitamin C ternyata memperbaiki kondisi jantung pasien thalassemia mayor yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai T2* jantung pada pemeriksaan MRI T2*. Nilai tambah lainnya adalah meningkatkan kadar hemoglobin. Pada penelitian yang sama, di akhir penelitian, kadar feritin dan serum besi pasien – pasien yang mendapat suplementasi vitamin C ternyata juga mengalami penurunan. Kabar baik lainnya adalah tidak didapatkan efek samping berat pada akhir penelitian tersebut.

Tapi pemberian vitamin C pada pasien thalassemia juga harus diberikan secara hati – hati. Yang dikhawatirkan pada pemberian vitamin C pada pasien thalassemia mayor adalah peningkatan pelepasan besi di jaringan sehingga meningkatkan besi bebas pada darah sehingga meningkatkan terjadinya toksisitas besi akut pada pasien. Selain itu vitamin C juga meningkatkan absorbsi besi di usus. Sehingga meningkatkan jumlah besi dalam tubuh.

Artikel terkait : thalassemia bekasi

Thalassemia dan vitamin C

Bagaimana pemberian suplementasi vitamin C yang aman untuk pasien thalassemia mayor? Dari penelitian yang saya kutip di atas, mereka memberikan vitamin C sebanyak 100 mg per hari pada pasien – pasien thalassemia mayor. Di akhir penelitian terbukti tidak ada efek samping dari pemberian vitamin C tersebut. Jadi pasien thalassemia bisa minum vitamin C 50-100 mg tiap hari.

Saya menyarankan, beli obat hisap vitamin C yang banyak dijual di minimarket 2 tablet tiap bulannya. Tiap tabletnya kan mengandung 500 mg vitamin C. Satu tablet tersebut dibagi 4, jadi tiap hari pasien minum ¼ tablet (125 mg) vitamin C selama 8 hari.  Perlu diketahui, belum ada rekomendasi resmi pemberian vitamin C pada pasien thalassemia mayor. Pemberian yang saya sarankan di atas bertujuan untuk memenuhi kecukupan vitamin C dan mencegah komplikasi akibat kekurangan vitamin C. Yang perlu dihindari adalah memberikan vitamin C dengan dosis tinggi sekaligus pada pasien thalassemia mayor. Yang sudah terbukti aman adalah dosis sebesar 100 mg, jadi, ikut yang ini saja. Ok

Adrieanta