Thalassemia Hermina Bekasi

Pasien talasemia mayor membutuhkan transfusi darah rutin karena turunnya kadar hemoglobin (Hb). Bila tidak ditransfusi mereka akan mengalami keluhan orang kekurangan darah seperti lemas, kurang nafsu makan dan tidak bergairah. Bila kondisi kekurangan darah ini dibiarkan pasien thalasemia dapat mengalami gangguan jantung yang berakibat fatal. Baca apa itu thalassemia?

thalasemia bekasiPasien thalassemia disekitar jabotabek biasanya melakukan transfusi rutin di RSCM jakarta. Bertambah banyaknya pasien thalasemia mayor setiap tahunnya membuat pusat thalassemia di RSCM semakin kewalahan melayani pasien. Untuk mengatasi hal itu dibuatlah pusat pelayanan thalssemia di beberapa kota/kabupaten disekitar Jakarta. Salah satunya adalah PusaT Thalassemia RS Hermina Bekasi.

RS Hermina Bekasi sebagai salah satu rumah sakit tipe B di kota Bekasi telah membuka Pusat Thalassemia sejak bulan Maret 2016 dengan beberapa fasilitas berikut :

  • Ruangan transfusi darah terpisah dengan ruang inap.
  • Proses administrasi terpisah dari pasien lainnya, sehingga pasien thalassemia tidak perlu mengantri.
  • Half day care. Artinya pasien thalassemia tidak perlu menginap. Sesudah transfusi darah, pasien boleh pulang.
  • Telah dilengkapi bank darah sehingga pasien thalassemia relatif tidak perlu menunggu lama untuk mulai menjalani transfusi. Mereka menargetkan maksimal 2 jam sejak mulai pendaftran transfusi harus sudah dimulai.
  • Disediakan darah jenis PRC leukodepleted dengan skrining NAT dan darah cuci (WE). Penggunaan darah jenis ini untuk mengurangikejadian reaksi transfusi dan komplikasi transfusi darah.
  • Disediakan obat kelasi besi (ferriprox, desferal dan exjade).
  • Pemantauan oleh dokter dan perawat bersertifikat thalassemia.
  • Yang penting lagi MELAYANI PASIEN BPJS dari bekasi dan sekitarnya. Untuk pasien thalassemia yang berdomisili di luar kota bekasi dapat meminta surat rujukkan dari PPK 2 atau RS setempat yang ditujukan ke RS Hermina Bekasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai thalasemia bekasi dapat menghubungi RS Hermina Bekasi melalui ibu Kristin di Nomer 081319233245.

Comments are closed.