Thalassemia Bekasi

Thalassemia adalah penyakit genetik yang diturunkan dari kedua orangtua, ayah dan ibunya sesuai dengan hukum mendel. Artinya kedua orang tua, masing – masing mewariskan satu gen thalassemia sehingga terbentuk pasangan gen thalassemia. Anak yang memiliki pasangan gen ini di kemudian hari akan menderita thalassemia mayor. Kedua orang tuanya disebut sebagai pembawa sifat atau bisa disebut juga thalassemia minor. Thalassemia minor tidak memerlukan terapi apa pun.

thalassemia bekasi

Persentase penduduk yang merupakan pembawa sifat di Indonesia sekitar 6-10% mengakibatkan kemungkinan terjadinya pernikahan antar sesama pembawa sifat sangat besar. Pernikahan ini akhirnya menyebabkan pertambahan penderita thalassemia mayor. Dengan diadakannya skrining thalassemia pra nikah, diharapkan dapat mmengurangi pertambahan penderita pasien thalassemia.

Penderita thalassemia mayor memerlukan transfusi darah rutin seumur hidupnya karena sel darah merahnya yang berumur pendek. Saat ini penderita thalassemia di kota Bekasi dapat melakukan transfusi darah rutin di beberapa unit thalassemia yang ada di rumah sakit. Rumah sakit di Kota Bekasi yang sudah memiliki unit thalassemia diantaranya RS Anna Medika dan RS Hermina Bekasi Barat. Di kedua rumah sakit tersebut, pasien akan diperiksa oleh dokter hematologi anak. Selain dapat melakukan transfusi darah, pasien juga akan mendapat obat kelasi besi yang harus diminum secara teratur. Obat kelasi besi harus diminum oleh penderita thalassemia untuk membantu mengeluarkan kelebihan zat besi akibat transfusi berulang.