Susu formula, apa sih maksudnya?

Bagi ibu baru yang tidak mau memberikan air susu ibu,mencari  susu formula yang terbaik buat bayinya merupakan tugas penting pertama buat si buah hati. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan susu formula?

susu formula1 300x217 Susu formula, apa sih maksudnya?

Arti susu formula

Susu formula adalah susu yang diFORMULASIkan khusus sehingga memiliki kandungan seperti air susu ibu(ASI) yang diperuntukkan untuk bayi dibawah 1 tahun. Karena kekhususannya, maka disepakati bahwa semua susu formula yang diproduksi harus memiliki kandungan zat gizi sesuai  kesepakatan di  “The Codex Alimentarius Commission” ,sebuah badan beranggotakan 160 negara yang merupakan bagian dari WHO. Kesepakatan tadi kenal sebagai CODEX STAN 72 – 1981.

Susu formula  = CODEX STAN 72 – 1981

susu formula 300x71 Susu formula, apa sih maksudnya?

Di dokumen CODEX STAN 72 – 1981 dijelaskan secara detail apa definisi susu formula, kandungan minimal maupun maximal dari setiap zat gizi yang ada di susu formula. Jadi, ibu – ibu tidak perlu takut, apapun merk susu formula yang ibu berikan, kandungannya hampir sama, yang membedakan hanya zat gizi tambahan.

Highlight : apapun merk susu formula, kadar kalori (energi), kadar protein,kadar lemak serta jumlah dan kadar vitaminnya hampir sama karena harus sesuai CODEX STAN 72 – 1981.

Jenis susu formula

Pembagian jenis susu formula bisa beragam, bisa berdasar bahan dasarnya, kandungan laktosanya, berdasar bentuk proteinnya,kadar kalorinya. Lihat artikel jenis susu formula.

Susu formula terbaik

Jadi kalau ditanya, susu formula yang terbaik buat bayi ibu, jawabannya adalah semua merk susu sama saja yang penting susu formula yang ibu pilih tidak menimbulkan gangguan dan  keluhan pada  bayi. Si kecil tidak diare, tidak muntah dan pertumbuhannya baik, itu menunjukkan susu formulanya  sudah sesuai dan  dapat memenuhi kebutuhannya.

Harga mahal bukan jaminan bahwa itu susu terbaik loh. Ingat, baik itu susu mahal atau murah kandungannya tetap saja harus sesuai CODEX STAN 72 – 1981, ya kan?

Ingat, susu terbaik untuk bayi tetap air susu ibu(ASI). CODEX STAN 72 – 1981 dibuat agar susu formula memiliki kandungan seperti ASI.

Artikel menarik : imunisasi , kesehatan anak , cacar air

Referensi:

Popular search terms:

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me