Seluk beluk Pusar Menonjol (udel bodong) dan Terapinya?

Pusar bodong sering kali sudah dianggap biasa oleh orangtua. Jangankan orangtua, para tenaga medis juga kadang-kadang tidak memberi penjelasan tentang pusar bodong pada pasiennya saat ditemukan pada pemeriksaan fisis rutin ketika anak berobat.  Padahal ada beberapa point penting yang harus diketahui orang tua.udel bodong

Apa itu pusar bodong?

udel bodong

Pusar bodong pada adalah istilah awam untuk hernia umbilicalis. Nah, baru tahu kan. Istilah turun berok sering digunakan orang awam untuk menyebut penyakit hernia. Pusar bodong merupakan salah satu jenis turun berok.

Pada anak yang pusarnya bodong, terjadi kegagalan penutupan dinding perut yang sempurna. Akibatnya terdapat celah disekitar pusar. (lihat gambar). Celah ini akibat dari perut  yang tidak tertutup otot dinding perut dengan sempurna bayi dalam kandungan.

hernia umbilikalis

Karena tidak tertutup otot dengan baik, bila tekanan didalam perut makin besar yaitu saat anak menangis atau mengejan maka celah akan terdorong dan terlihat membesar.

Komplikasi pusar bodong?

Yang dikhawatirkan adalah akibat adanya celah didinding depan perut, bila suatu ketika tekanan dalam perut  tinggi, ada sebagian usus  dapat  memasuki  celah tersebut. Usus yang masuk ke celah tersebut dapat terpuntir dan menimbulkan nyeri perut hebat. Saat itulah diperlukan operasi dengan segera.

pusar bodong

Apa terapi untuk pusar bodong?

Kabar baiknya,sebagian besar pusar bodong ini tidak memerlukan terapi. Pusar yang bodong sebagian besar akan  hilang dengan sendirinya sebelum usia 3-4 tahun. Belum terdapat bukti pemakaian gurita dan koin uang pada pusar  ada gunanya, tapi pada kasus tertentu dapat dipertimbangkan. Bila  hingga usia 4 tahun, pusar bodong tidak menghilang, maka dapat dipertimbangkan untuk operasi.

Kapan pusar bodong perlu dioperasi?

Pusar bodong perlu dioperasi bila  :

–          Ukurannya tidak menyusut atau makin besar

–          Pada usia 3-4 tahun pusar bodong tidak menghilang.

–          Bila terdapat usus yang masuk ke dalam lubang pusar sehingga menimbulkan keluhan.

Referensi :

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001982/

http://pediatrics.med.nyu.edu/node/857

Lazada Indonesia