Rawat Gabung dong

Rawat gabung disini artinya perawatan dimana ibu dan bayi yang baru dilahirkan tidak dipisahkan, melainkan ditempatkan bersama dalam sebuah ruangan selama 24 jam penuh. Bahkan bila mungkin bayi bisa tidur bersama setempat tidur dengan ibu.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bila bayi tidur bersama ibunya maka ibu akan memberikan ASInya 3 kali lebih lama pada waktu malam, 2 kali lebih sering dan 39% menyusui lebih lama dibanding apabila bayi dipisahkan.

rawat gabung 225x300 Rawat Gabung dong

Rawat gabung di salah satu RSUD di pelosok Indonesia

Manfaat rawat gabung

Rawat gabung sangat mempengaruhi perkembangan psikologis bayi selanjutnya. Kehangatan tubuh ibu merupakan stimulasi mental yang mutlak diperlukan oleh bayi. Rasa aman, terlindung dan percaya orang lain merupakan dasar terbentuknya rasa percaya diri pada bayi.

Ibu akan lebih mudah menyusui kapan saja bayi menginginkannya. Dengan demikian, ASI juga akan cepat keluar karena menyusui bayi lebih sering merangsang produksi hormon prolaktin yang berfungsi meningkatkan produksi ASI.

Ibu yang baru memiliki bayi akan lebih mempunyai pengalaman menyusui dan merawat bayinya. Ibu akan dapat belajar langsung cara menyusui yang benar dan tanda – tanda bahaya pada bayi.

Dengan merawat bayinya sendiri. Bayi juga tidak terpapar dengan banyak petugas sehingga kemungkinan terkena infeksi kuman dari rumah sakit lebih kecil.

Pemberian ASI sedini mungkin dapat menghemat anggaran untuk membeli susu formula

Kapan bayi boleh rawat gabung

Tidak semua bayi boleh rawat gabung. Pada dasarnya bila bayinya cukup bulan serta tidak ada kelainan dan ibu bayinya juga sehat, bayi boleh dirawat gabung. Anda boleh menanyakan ke dokter anak anda apakah bayi anda boleh dirawat gabung.

Yang sering jadi masalah di lapangan,  tidak semua rumah sakit swasta di kota besar yang mendukung kebijakan rawat gabung. Padahal rumah sakit daerah di pelosok sudah banyak yang menerapkan rawat gabung termasuk RSUD Natuna di  ujung utara Indonesia.

Jadi, sebelum anda melahirkan, ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu pada pihak rumah sakit, apakah menerapkan rawat gabung atau tidak?

 

Referensi : Buku ajar neonatologi.IDAI 2010

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , , Read 59 articles by

Kesehatan Anak Info

Like Me