Pubertas terlambat

Penyebab pubertas terlambat kadang – kadang karena alasan medis. Tapi kadang – kadang bisa juga karena akibat lain, misalnya kekurangan gizi. Beberapa penyakit kronik juga bisa menyebabkan terlambatnya pubertas, seperti diabetes, thalasemia, atau keadaan lain seperti tumor, kekurangan hormon dan kelainan kromosom.

pubertas2 Pubertas terlambat

Pubertas mungkin telambat pada anak perempuan yang memiliki tanda – tanda antara lain tidak adanya pengembangan jaringan payudara pada usia 13 tahun, serta tidak terjadi haid sampai umur 15 tahun selama 5 tahun atau lebih setelah pembesaran pertama dari jaringan payudara.

Pubertas mungkin terlambat pada anak laki – laki yang memiliki tanda – tanda antara lain tidak ada perkembangan testis pada usia 14 tahun, serta perkembangan organ laki – laki tidak lengkap selama 5 tahun setelah mereka pertama kali mulai berkembang.

Pola pubertas terlambat ataupun dini sering kali diturunkan dalam keluarga, tetapi bisa saja karena suatu penyakit. Untuk mengetahui apakah anak sudah mencapai pubertas, dapat dilakukan pemeriksaan rutin yang dapat dilakukan semua dokter anak. Cara anak – anak melihat tubuh mereka sendiri berkaitan dengan harga diri mereka. Sangat penting untuk membiarkan anak – anak tahu bahwa mereka baik – baik saja apa adanya dan bahwa Anda mencintai mereka seperti itu.

Aman Pulungan. IDAI. Kompas 18 Nopember 2012.

Artikel menarik : susu formula, imunisasi

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , Read 59 articles by

Kesehatan Anak Info

Like Me