Pubertas pada Anak

Pubertas merupakan suatu tahap penting dalam proses tumbuh kembang, suatu masa peralihan dari anak menuju dewasa. Pada anak perempuan, pubertas dapat mulai pada usia 8 tahun, tetapi biasanya dimulai sekitar 10-11 tahun. Pada anak laki – laki, pubertas dimulai sekitar  11-12 tahun sebagai usia awal, tetapi mungkin mulai sedini 9 tahun. Kebanyakan anak perempuan secara fisik matang sekitar umur 14 tahun. Anak laki – laki dewasa sekitar umur 15 atau 16 tahun.

pubertas Pubertas pada Anak

Tanda pertama dari pubertas pada anak perempuan yang paling kelihatan adalah perkembangan payudara. Tanda pertama dari pubertas pada anak laki-laki sebagian besar adalah pembesaran ukuran testis. Pada anak perempuan, payudara yang berkembang pada awalnya. Kemudian, rambut mulai tumbuh di daerah kemaluan. Selanjutnya, rmabut mulai tumbuh di ketiak. Pada anak perempuan, jerawat biasanya dimulai sekitar 13 tahun. Menstruasi (haid) biasanya terjadi akhir dari semua proses ini.

Pada anak laki-laki, testis dan penis menjadi lebih besar pertama kali sekali. Kemudian rambut tumbuh di daerah kemaluan dan ketiak.  Sejumlah kecil jaringan payudara mungkin berkembang pada saat pubertas pada anak laki yang disebut pubertal ginekomastia. Suaranya menjadi lebih dalam. Otot tumbuh dan berkembang, lalu muncul jerawat pada wajah. Beberapa anak dapat memiliki pola yang berbeda.

Pubertas dini

Pubertas dini kadang kadang disebut pubertas sebelum waktunya atau prekoks. Dalam kebanyakan kasus, pubertas dini hanya variasi pubertas normal. Dalam beberapa kasus bisa merupakan suatu penyakit.

Seharusnya periksakan ke dokter anak jika seorang anakperempuan berkembang payudara dan rambut kemaluan sebelum 8 atahun. Anda juga harus memeriksakan ke dokter anak jika anak laki – laki memiliki peningkatan ukuran testis dan rambut kemaluan sebelum 9 tahun.

Pubertas dini pada anak perempuan sering tidak diketahui penyebabnya dan lebih sederhana, sedangkan penyebabnya pada anak laki – laki biasanya lebih kompleks dan perlu lebih banyak pemeriksaan. Penyebab pubertas dini tersebut antara lain tumor, kelainan kelenjar adrenal, masalah endocrine disruptor.

Aman Pulungan.IDAI. Kompas 18 Nopember 2012

Artikel menarik : imunisasi , kesehatan anak , susu soya

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , Read 59 articles by

Kesehatan Anak Info

Like Me