Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusif

Sesuai UU nomer 36 tahun 2009 tentang kesehatan, disebutkan siapa saja yang menghalangi seorang ibu untuk menyusui bayinya  secara eksklusif selama 6 bulan  maka dapat dikenakan ancaman hukuman penjara selama 1 tahun atau denda  sebesar Rp.100 juta.

kesehatan anak asi Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusif

Dengan adanya undang – undang di atas berarti tenaga kesehatan dapat dituntut bila memberikan susu formula tanpa ijin orang tua. Sebaliknya setiap tenaga kesehatan harus menyarankan ASI eksklusif dan menyediakan kesempatan bagi ibu untuk menyusui bayinya.

Pemberian susu formula masih sering kita temui pada bayi baru lahir, yang ASI ibunya belum keluar pasca melahirkan. Yang disesalkan, yang memberikan susu formula justru tenaga kesehatan yang seharusnya menyarankan ASI eksklusif.

Pasal 128

(1) Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, kecuali atas indikasi medis.

(2) Selama pemberian air susu ibu, pihak keluarga, Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

(3) Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diadakan di tempat kerja dan tempat sarana umum.

Pasal 200

Setiap orang yang dengan sengaja menghalangi program pemberian air susu ibu eksklusif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 128 ayat (2) dipidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

 

Popular search terms:

Kirim ke teman:
facebook Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusiftwitter Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusifgoogle plus Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusifwhatsapp Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusifpinterest Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusifline Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusifyahoo Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusifgmail Penjara buat yang menghalangi ibu memberikan ASI eksklusif
Lazada Indonesia
kesehatan anak tagged this post with: , , , Read 7 articles by