Mitos seputar cacar air

Banyak info di masyarakat yang salah seputar penyakit cacar air. Info tersebut berkembang dari mulut ke mulut tanpa diketahui darimana sumbernya.  Parahnya sebagian info tersebut bertentangan dengan tujuan pengobatan penyakit cacar air itu sendiri.

1.Kalau sedang sakit cacar air tidak boleh makan telur dan ikan. Banyak yang beranggapan dengan makan telur atau ikan, anak yang sedang sakit cacar air jadi merasa bertambah gatal. Info ini salah besar, gatal pada pasien cacar air tidak ada hubungannya dengan mengkonsumsi telur atau ikan. Justru pada pasien cacar air harus cukup mendapat protein yang banyak terdapat di telur maupun ikan.

2. Kalau sedang cacar air tidak boleh kena angin.

Anak yang sedang cacar air memang tidak boleh kena angin tapi alasannya bukan karena bila kena angin penyakit cacarnya tambah parah tapi untuk mencegah penularan ke orang lain. Dengan anak dibatasi tidak bermain keluar (tidak kena angin) maka penularan penyakit cacar airnya bisa diminimalkan.

3. Kalau sedang cacar air tidak boleh mandi

Pasien cacar air malah dianjurkan untuk mandi dengan tujuan untuk mengurangi rasa gatal dan untuk menjaga kebersihan kulit agar tidak terjadi infeksi kulit oleh bakteri. Dengan pasien mandi tidak membuat sakitnya tambah parah.

4. Pasien yang kena cacar air, semakin banyak bintilnya semakin baik untuk pasien.

Hal diatas salah karena jumlah bintil yang keluar pada pasien cacar air tergantung dari banyak faktor diantaranya kekebalan tubuh anak dan pengobatan antivirus yang diberikan. Semakin kuat kekebalan tubuh anak, semakin sedikit bintil yang keluar. Semakin cepat anak mendapat obat antivirus semakin sedikit bintil yang keluar.

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , , , Read 58 articles by

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me