Apa yang harus diketahui dalam menyusui bayi kembar?

1. Menyusui bayi kembar dapat dilakukan bersamaan atau bergantian.

Bila ibu sudah mahir, menyusui secara bersamaan lebih menghemat waktu serta memiliki keuntungan tambahan yaitu hisapan bayi satu sama lain akan merangsang produksi ASI payudara yang lainnya sehingga bila ada salah satu bayi kembar yang kurang pintar menghisap, akan tetap mendapat ASI  yang cukup karena hasil rangsangan hisapan saudaranya di payudara satunya. Baca artikel mekanisme menyusui.

menyusui bayi kembar 300x214 Apa yang harus diketahui dalam menyusui bayi kembar?

2. Bayi tidak boleh memiliki payudara favorit

Untuk menghindari hal itu, dalam menyusui bayi kembar, tiap bayi harus saling bertukar payudara. Saling bertukar payudara ini  untuk menjaga agar kedua  payudara mendapat rangsangan hisapan yang sama, sehingga produksi ASI dapat terpenuhi, menghindari payudara yang besar sebelah dan mencegah mata bayi menjadi juling karena terlalu sering melihat ke satu arah saja.

3. Menyusui bayi kembar membutuhkan energi ekstra besar.

Selain untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, seorang ibu juga harus mengeluarkan energi untuk memproduksi ASI. Setiap  100 ml ASI mengandung  67-75 kilo kalori, sehingga kalau dihitung,  ibu yang menyusi bayi kembar setiap hari, akan memerlukan tambahan asupan energi sebanyak 1500 kilo kalori tiap harinya. Bila ibu tidak mendapat asupan kalori, nutrisi dan cairan yang cukup ibu akan mengakibatkan produksi ASI berkurang secara bermakna. Jadi penting bagi seorang ibu dengan bayi kembar untuk makan dan minum  dalam porsi yang cukup.

Artikel populer : susu formula, cacar air

 

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , , Read 58 articles by

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me