Kontra indikasi pemberian air susu ibu(ASI)

Air susu ibu(ASI) memang makanan terbaik buat bayi tapi ada beberapa kondisi bayi atau ibu menderita penyakit yang membuat ibu tidak diperbolehkan secara mutlak memberikan ASI nya. Pemberian ASI pada kondisi –kondisi tersebut malah membuat bayi malah sakit hingga dapat mengancam jiwanya.

asi ibu

Berikut kondisi – kondisi yang membuat ibu tidak diperbolehkan secara mutlak memberikan air susu ibu (ASI) :

1. Bayi menderita galaktosemia

Penyakit galaktosemia merupakan penyakit kelainan genetik yang menyebabkan bayi tidak mempunyai enzim galactose – l -phosphate uridyltransferase.

Enzim ini berfungsi untuk mencerna galaktosa, suatu karbohidrat yang berasal dari pemecahan laktosa. Laktosa sendiri merupakan karbohidrat yang terdapat di air susu ibu(ASI) maupun di susu formula.

2.Bayi menderita penyakit maple syrup urine.

Penyakit genetik juga yang membuat bayi tidak dapat  memetabolisme asam amino leusin, valine dan  isoleusin. Bayi yang menderita penyakit ini tidak boleh diberi ASI atau susu formula biasa. Bayi  memerlukan susu formula khusus yang tidak mengandung leusin, isoleusin dan valine.

3. Bayi menderita penyakit fenilketonuria

Penyakit genetik juga, yang membuayt bayi tidak boleh diberikan asam amino fenilalanin. Bayi harus diberikan susu formula khusus yang tidak mengandung fenilalanin

4. Ibu bayi menderita infeksi  HIV.

Baca selengkapnya di ASI dan ibu HIV

 5. Ibu penderita HTLV (Human T-lymphotropic Virus) tipe 1 & 2.

Virus ini dapat  menular lewat   ASI. Jika ibu terbukti positif, dan tersedia susu formula maka bayi dianjurkan tidak diberikan ASI.

 6. Ibu menderita infeksi CMV (citomegalovirus)

Bila ibu terbukti positif  dan  melahirkan bayi kurang bulan atau prematur, maka bayi tidak boleh diberi air susu ibu.

Selain kondisi – kondisi diatas, ada kondisi tertentu yang seorang ibu diperbolehkan untuk memberikan susu formula pada bayi. Baca di artikel pemberian susu formula yang diperbolehkan.

 

 

Popular search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *