Kejang pada anak

Kejang pada anak

Kejang pada anak dapat disebabkan banyak hal diantaranya Infeksi di otak, gangguan elektrolit pada anak diare, epilepsi, tumor otak dan kejang demam.

Kejang demam merupakan salah satu penyebab tersering kejang pada anak. Kejang demam terjadi pada 2-5% anak dengan umur berkisar 6 bulan sampai 5 tahun, insiden tertinggi pada umur 18 bulan.  Baca artikel tentang kejang demam.

Kejang pada anak bentuknya bisa bermacama – macam. Anak dapat  terlihat aneh atau menunjukkan ekspresi wajah hampa untuk beberapa saat, kemudian badan, tangan atau kakinya dapat terasa kaku, bisa juga diikuti gerakan kelojotan dan gerakan mata yang memutar atau mengarah ke atas atau arah tertentu.

kejang demam 300x240 Kejang pada anak

Anak dapat terlihat tidak  bereaksi dengan rangsang suara atau sentuhan kita untuk beberapa waktu, napas dapat  terganggu, sehingga kulit terlihat  lebih gelap. Setelah kejang, anak dapat segera normal kembali atau dapat juga terjadi penurunan kesadaran.

Seringkali orangtua mengatakan anak yang menggigil sebagai kejang. Kita dapat membedakan gerakan kejang pada anak dengan gerakan menggigil dengan cara memegang tangan atau kaki yang bergerak. Bila itu gerakan kejang, maka kita tidak dapat menghentikan gerakan tersebut. Yang kedua, bila itu kejang maka pada saat kejang anak tidak sadar artinya anak tidak respon dengan ucapan atau sentuhan kita.

Apa yang harus dilakukan saat anak kejang?

  • Letakkan anak pada temapat tidur atau lantai
  • Jauhkan anak dari benda keras atau tajam
  • Jangan menaruh sesuatu apapun di mulut anak. Anak tidak akan mengigit/menelan  lidahnya.
  • Bila anak muntah, miringkan kepalanya.
  • Bila anda mempunyai obat anti kejang rectal tube, anda dapat memasukkannya lewat anus. Jangan khawatir, obat anti kejang yang diberikan lewat anus cukup aman digunakan. Biasanya pada anak yang sering kejang, dokternya akan memberikan obat anti kejang rectal tube untuk persediaan di rumah.
  • Hubungi dokter anda.

Ingat, dokter tidak selalu ada disaat anak anda kejang. Anda lah yang bisa selalu hadir disaat anak anda kejang.

Artikel populer : cacar air, memperbesar penis anak

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , , Read 58 articles by

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me