Kejang demam

Definisi kejang demam

 Kejang demam diartikan kejang yang timbul akibat demam tanpa tanda adanya infeksi pada otak, tanpa gangguan elektrolit dan terjadi pada seorang  anak yang berumur diatas  1 bulan dan tidak mempunyai  riwayat pernah  kejang tanpa disertai demam sebelumnya.

Jadi kalau seorang anak dikatakan menderita kejang demam oleh seorang dokter, artinya dokter tadi sudah menyingkirkan bahwa si anak tidak ada infeksi di otaknya dan tidak ada gangguan elektrolit di darahnya.

Dengan apa seorang dokter menyingkirkan bahwa si anak tidak ada infeksi di otaknya?

Pertama, dari tanda dan gejala serta pemeriksaan fisis pada si anak, seorang dokter sudah bisa memperkirakan apakah ada infeksi di otaknya.

Kedua,bila  tanda dan gejalanya tidak jelas, si dokter akan meminta untuk dilakukan pemeriksaan cairan otaknya. Jangan parno dulu, yang diambil memang cairan otaknya, tapi melalui tindakan medis yang disebut lumbal punksi. Dengan menggunakan jarum khusus, si dokter akan menusuk di daerah tulang belakang setinggi pinggang. Dari lokasi tersebut dapat didapatkan cairan otak. Baca artikel mengenai lumbal punksi.

Jadi anak dikatakan kejang demam bila :

  • Kejangnya didahului demam
  • Pasca kejang anak sadar kecuali kejang lebih dari 15 menit
  • Pemeriksaan cairan otaknya normal

kejang demam1.jpeg.psd  300x166 Kejang demam

Pembagian kejang demam.

Kejang demam berdasarkan lama kejang, tipe kejang dan gangguan neurologi yang muncul, kejang demam  dibagi menjadi dua yaitu kejang demam sederhana dan kejang demam kompleks.

Mengapa harus dibedakan menjadi kejang demam sederhana dan kejang demam kompleks?

Harus dibedakan karena terapinya berbeda. Pada kasus kejang demam kompleks kadang memerlukan pemberian anti kejang selama 1 tahun.

Kejang demam sedehana

Kejang demam sederhana adalah kejang demam yang tipe kejangnya umum, singkat dan hanya sekali dalam 24 jam

Kejang demam kompleks

Kejang demam kompleks adalah kejang demam yang memenuhi kriteria berikut :

  1. Kejang demam yang tipe kejangnya fokal, artinya kejangnya tidak seluruh tubuh misalnya kejangnya  cuma tangan kiri saja atau kaki kanan saja.
  2. Kejangnya berlangsung lebih dari 15 menit.
  3. Kejang lebih dari satu kali dalam 24 jam

Komplikasi kejang demam

Kejang demam terlihat  menakutkan bagi orang tua tetapi kejang demam tidak menimbulkan komplikasi yang membahayakan bagi anak anda. Kejang demam tidak  menyebabkan kerusakan di otak, kelumpuhan , gangguan sistem saraf atau retardasi mental.

Terapi kejang demam

obat antikejang Kejang demam

obat anti kejang rectal tube.

Prinsipnya , yang pertama ,turunkan demamnya dengan memberikan obat penurun panas, memberikan anak cukup minum dan mengobati penyakit penyebab demamnya. Yang kedua, memberikan obat anti kejang sebagai pencegahan selama anak masih demam.

Apakah kejang demam bisa berulang kembali?

Jawabannya : IYA. Jadi bila anda mempunyai anak dengan riwayat pernah kejang demam maka setiap anak anda demam anda harus segera memberikan obat penurun panas dan segera ke dokter untuk mendapat obat anti kejang profilaksis atau pencegahan. Tidak ada salahnya anda mempunyai obat anti kejang rectal tube. Biasanya kejang demam akan menghilang setelah umur 5 tahun.

Referensi:

  • Situs Ikatan Dokter Anak Indonesia
  • Pedomam Pelayanan medik anak FKUI

Popular search terms:

Kesehatan Anak Info

Like Me