Kapan bayi boleh naik pesawat?

Pertanyaan diatas sering muncul di ruang praktek dokter anak  ketika ibu akan membawa bayinya bepergian dengan pesawat terbang.

bayi naik pesawat Kapan bayi boleh naik pesawat?

Begini jawabannya :

Ada beberapa pendapat dari beberapa badan regulasi dunia mengenai usia bayi yang diperbolehkan terbang dengan pesawat. Bayi yang lahir cukup bulan tanpa ada kelainan pada jantung dan paru menurut international civil aviation organization, international air transport association, british thoracic society dan Canadian pediatric society memberikan batasan minimal usia bayi 7 hari sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara.

Sedangkan aerospace medical association merekomendasikan usia 2 minggu sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara. Center for disease control and prevention merekomendasikan usia 6 minggu sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara.

Jadi, sebenarnya bayi cukup bulan yang lahir sehat mempunyai toleransi yang baik terhadap penerbangan. Empat badan dunia memberikan ijin terbang pada bayi usia 7 hari. Tapi, bila tidak mendesak sekali, kiranya bisa dipertimbangkan untuk menunda bepergian hingga bayi berusia 6 minggu sesuai rekomendasi CDC.

Bagaimana dengan bayi premature ?

Bayi prematur dengan riwayat penyakit system organ pernafasan disarankan tidak melakukan perjalanan dengan pesawat terbang hingga usia 1 tahun. British thoracic society merekomendasikan usia koreksi 6 bulan sebagai batas perizinan bayi prematur untuk menempuh perjalanan udara.

Popular search terms:

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me