Jenis Susu Formula

Susu formula dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut kebutuhannya. Secara garis besar susu formula dibagi menjadi susu formula standar dan susu formula khusus. Bila  bayi anda cukup bulan, berat badan baik, tidak ada riwayat alergi makanan maka jangan pikirkan susu formula yang lain, cukup gunakan susu formula standar.

Susu formula khusus dibuat untuk bayi yang mempunyai kebutuhan khusus misalkan, bayi dengan berat badan lahir rendah, bayi dengan alergi susu sapi dll. Berikut, kira-kira pembagian jenis susu formula khusus.

jenis susu formula Jenis Susu Formula

Jenis susu formula Berdasarkan bahan dasar

Berdasarkan bahan dasarnya, susu formula dapat dibagi menjadi susu formula berbahan dasar susu sapi dan susu formula berbahan dasar susu kedelai. Susu berbahan dasar susu kedelai dapat digunakan pada anak diatas 6 bulan yang memiliki alergi susu sapi. Perlu diingat susu formula berbahan dasar kedelai ini bukan terapi utama untuk bayi dengan alergi susu sapi, hanya susu alternatif yang dapat dicoba digunakan.

Mengapa? Karena masih ada sebagian kecil, 8%-14%, anak alergi susu sapi yang juga menunjukkan alergi  protein dari susu kedelai. Susu utama untuk anak alergi susu sapi adalah susu ekstensif hidrolize, apaan tuh? Sabar, akan dibahas kemudian.

Daftar susu soya : Isomil, Nutrisoya, Prosobee,SGM soya

Jenis susu formula berdasarkan  kandungan kalori

Perbedaan susu formula berdasar kandungan kalorinya

Faktor

Formula standar

Post discharge

BBLR

Energi(kal)

67

72

81

Protein (g)

1,45

1,85

2,3

Calcium (mg)

35

70

99

Pospor (mg)

29

35

54

Magnesium (mg)

5,2

5,2

8

Vitamin D (ug)

1

1,2

2

Zink (mg)

0,5

0,88

1,6

Produk

SGM,lactogen

neosure

SGM BBLR,Prenan

Nah, bila berat bayi anda kecil atau prematur maka susu formula untuk BBLR paling cocok untuk meningkatkan dengan cepat berat badannya. Jangan lupa,konsultasi dulu dengan dokter anda.

Jenis susu formula berdasarkan kandungan laktosa

Dibagi menjadi formula standar dengan kandungan laktosa,susu rendah laktosa( low laktosa) dan susu bebas  laktosa(free laktosa). Ingin tahu merek apa saja. Lihat di daftar susu rendah laktosa dan daftar susu bebas laktosa.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kegunaan susu rendah dan bebas laktosa?baca artikel susu rendah laktosa.

Jenis susu formula berdasarkan bentuk protein

Kita ketahui bahwa semua susu formula mempunyai protein, baik protein hewani (susu sapi) maupun protein nabati (susu nabati). Protein merupakan zat yang disusun oleh sejumlah asam amino.  Protein susu bisa dipecah menjadi molekul yang lebih kecil untuk mengurangi efek alergennya. Semakin kecil molekul protein dalam susu formula, semakin kecil dapat menyebabkan reaksi alergi.

Nah, berdasarkan pemecahan  protein tersebut maka susu formula dapat digolongkan menjadi berikut: susu formula standar, susu parsial hidrolisat (dikenal juga dengan susu hipoalergenik), susu extensive hidrolisat dan susu asam amino. Baca lebih lanjut di susu hipoalergenik

Popular search terms:

Kesehatan Anak Info

Like Me