Imunisasi rotavirus

Tahukan apa imunisasi rotavirus? Kalau tidak tahu tidak apa – apa kok, karena imunisasi rotavirus termasuk imunisasi tambahan yang baru muncul belakangan. WHO baru merekomendasikan imunisasi rotavirus pada tahun 2009.

Jadi, apa yang dimaksud imunisasi rotavirus?

Imunisasi rotavirus adalah imunisasi untuk mencegah anak menderita penyakit karena rotavirus

Penyakit apa saja yang dapat diakibatkan oleh rotavirus?

Rotavirus merupakan penyebab diare terbesar pada anak. Sekitar 36%-61% diare pada anak disebabkan oleh rotavirus. Di Indonesia, diare merupakan salah satu penyakit utama pada anak – anak. Hasil Riskesdas 2007,  diare merupakan penyebab kematian bayi terbesar di Indonesia.

Kapan jadwal imunisasi rotavirus

Berdasarkan jadwal imunisasi rekomendasi IDAI 2012, rotavirus diberikan pada bayi sebanyak 3 kali, yaitu pada usia 2, 4 dan 6 bulan. Jadwal pemberian imunisasi rotavirus juga disesuaikan dengan jenis (merek) imunisasi rotavirus yang diberikan.

Jadwal Imunisasi 2012 300x211 Imunisasi rotavirus

Macam imunisasi rotavirus

Di Indonesia ada 2 merek imunisasi rotavirus yang beredar. Yang pertama Rotarix yang diproduksi oleh GlaxoSmithKline (GSK). Vaksin ini diberikan imunisasi rotavirus rotarix Imunisasi rotavirusper oral (diteteskan ke mulut). Rotarix diberikan sebanyak 2 kali, mulai bayi usia 6 minggu  Dosis ke-2 diberikan dengan interval minimal 4 minggu dari dosis pertama sebelum usia bayi 24 minggu.

 

Merek yang kedua, Rotateq, diproduksi oleh MERCK. Vaksin inijuga diberikan secara per oral,diberikan dalam 3 dosis. Dosis pertama pada bayi imunisasi rotavirus rotateq 150x150 Imunisasi rotavirususia 6-12 minggu. Dosis kedua dan ketiga diberikan dengan interval 4-10 minggu. Semua dosis diberikan pada bayi sebelum usia 32 minggu.

 

 

 

Siapa yang tidak boleh mendapat imunisasi rotavirus

Bayi yang alergi dengan komponen pada vaksin

Intussusepsi (kondisi sebagian usus yang terlipat sehingga masuk ke lubang usus sehingga menyebabkan sumbatan pada usus)

Kelainan bawaan pada saluran cerna yang meningkatkan risiko terjadinya Intussusepsi

Menderita penyakit imunodefisiensi atau dalam kondisi respon imun ( menderita kanker,HIV,minum obat imunosupresan)

Efek samping imunisasi rotavirus

Efek samping imunisasi rotarix yang dapat ditemukan pada bayi pasca imunisasi rotavirus termasuk iritabel, pilek, muntah, penurunan nafsu makan dan demam.

Referensi

Pedoman imunisasi di Indonesia.Satgas IDAI.2008

FDA

Artikel menarik : imunisasi , susu formula, kejang demam

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , , , Read 58 articles by

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me