Imunisasi BCG

Pengertian imunisasi BCG

Imunisasi BCG adalah imunisasi untuk mencegah penyakit TB( tuberculosis). BCG singkatan dari BBacille Calmette-Guerin. 3 tahun sehingga didapatkan basil yang tidak virulen tetapi masih mempunyai imunogenitas(dapat merangsang timbulnya kekebalan tubuh).

Vaksin BCG adalah vaksin hidup yang dibuat dari Mycbacterium bovis yang dibiak berulang selama 1-Penyakit TB adalah penyakit yang disebabkan kuman Mycobacterium tuberculosis dan Mycobacterium bovis. Tuberkulosis paling sering mengenai paru-paru tetapi dapat juga mengenai organ – organ lainnya seperti selaput otak, tulang, kelenjar getah bening dan organ lain.  Tuberculosis dapat diobati dengan obat anti tuberkulosis(OAT) yang diminum selama minimal 6 bulan. OAT ini tersedia gratis loh dipuskesmas se Indonesia. Walau OAT ini tersedia gratis, Indonesia masih merupakan salah satu negara dengan penderita TB terbanyak di dunia.

Manfaat imunisasi BCG

Imunisasi BCG tidak mencegah infeksi tuberculosis tetapi mengurangi risiko terjadinya tuberkulosis berat seperti meningitis TB (penyakit radang selaput otak oleh kuman TB). Efektivitas imunisasi BCG bervariasi antara 0% – 80%. Hal ini berhubungan dengan beberapa faktor yaitu mutu vaksin yang dipakai dan kondisi anak itu sendiri seperti umur, keadaan gizi dan lain – lain. Efek proteksi akan timbul setelah 8-12 minggu setelah penyuntikan.

Cara imunisasi BCG

imunisasi bcg Imunisasi BCG   Imunisasi BCG adalah imunisasi yang paling menyakitkan bagi anak karena cara penyuntikan vaksinnya yang harus intradermal (vaksin harus disuntikkan hanya ke dalam lapisan kulit saja, tidak boleh terlalu dalam hingga menembus lapisan kulit). Karena disuntikan kedalam lapisan kulit yang penuh dengan reseptor syaraf maka suntikkannya lebih sakit dibanding imunisasi lainnya. Imunisasi BCG biasanya disuntikkan didaerah lengan kanan atas. Vaksin BCG diberikan secara intradermal 0,1 mL untuk anak dan 0,05 untuk bayi baru lahir.

Bekas imunisasi BCG

Imunisasi BCG biasanya akan menimbulkan bekas berupa jaringan parut bulat berdiameter 4-8 mm akibat proses penyembuhan luka/borok yang timbul setelah 3-6 minggu setelah penyuntikan. Borok akan sembuh sendiri dalam 2-3 bulan, tidak perlu terapi apapun.  Perlu diingat, imunisasi BCG yang tidak menimbulkan borok/bekas tidak berarti imunisasinya gagal.

imunisasi bcg2 Imunisasi BCG

Jadwal imunisasi BCG

Imunisasi BCG diberikan untuk semua bayi. Pemberiannya dijadwalkan sebelum bayi usia 3 bulan. Bila diberikan pada bayi usia lebih dari 3 bulan maka si bayi harus dilakukan tes mantoux terlebih dahulu.

Cara penyimpanan vaksin BCG

Vaksin BCG tidak boleh terkena sinar matahari, harus disimpan pada suhu 2-8o C, tidak boleh beku. Vaksin yang telah diencerkan harus dipergunakan dalam waktu 8 jam.

Anak yang tidak boleh di imunisasi BCG

  • Bila hasil tes mantoux > 5 mm
  • Menderita infeksi HIV
  • Sedang meminum obat imunosupresi atau sedang mendapat radioterapi
  • Menderita penyakit keganasan yang mengenai sumsum tulang atau sistem limfe
  • Menderita gizi buruk
  • Menderita demam tinggi.

Referensi : Pedoman imunisasi di Indonesia.IDAI.2008

Artikel menarik : Cacar air | Susu formula

Popular search terms:

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me