Ke dokter anak yuk!

Saat ini di Indonesia sudah terdapat beberapa rumah sakit pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan anak. Lulusan dari pusat pendidikan tersebut bergelar SpA (spesialis anak). Memerlukan waktu kurang lebih 8 semester atau sekitar 4 tahun bagi dokter umum untuk memperoleh gelar tersebut.

dokter anak Ke dokter anak yuk!

Perbedaan dokter anak dan dokter dewasa

Dokter spesialis anak ini selain diharapkan menguasai tentang penyakit yang diderita anak-anak,  dokter anak diharuskan juga memahami tentang evaluasi atau pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi para dokter anak ini diharapkan bukan sekadar mengobati penyakit yang diderita pasiennnya tapi juga harus memantau pertumbuhan dan perkembangan pasiennya.

Pertumbuhan itu berkaitan dengan bertambah besar dan tinggi sang anak. Sedangkan perkembangan berkaitan dengan berkembangnya kemampuan sang anak meliputi fungsi motorik kasar dan halus, fungsi kognitif, fungsi bicaranya dan fungsi pendengarannya. Nah, ketika berkunjung ke dokter anak, hal – hal diatas harus dievaluasi oleh sang dokter. Itulah bedanya dokter anak dan dokter dewasa.

Karena itulah, pergi ke dokter anak sebenarnya tidak hanya pada saat si anak sakit saja. Idealnya secara berkala, anak dibawa ke dokter anak untuk dipantau pertumbuhan dan perkembangannya, dengan tujuan dapat mendeteksi kelainan lebih dini misalnya, gangguan pendengaran, ganggauan pertumbuhan akibat penyakit kronis seperti TBC atau penyakit lainnya

Evaluasi oleh dokter anak

Evaluasi pertumbuhan sang anak harus di plot di suatu kurva, yang disebut kurva pertumbuhan. Nanti akan terlihat apakah berat badan dan tinggi badan si kecil sesuai tidak dengan usianya.

Sedangkan untuk evaluasi perkembangan, sang dokter anak bisa melihat secara tidak langsung dari gerakan, cara bicara atau kemampuan menjawab pertanyaan pada anak yang lebih besar. Dari situ dokter anak dapat mengevaluasi apakah perkembangan si kecil sesuai dengan usianya. Bila ditemukan keterlambatan baru  akan dilakukan suatu tes penilaian perkembangan pada anak oleh dokter anak yang lebih terperinci.

Macam dokter anak

Saat ini mencari dokter anak di kota besar bukan hal yang sulit. Hampir dipastikan di semua rumah sakit ada dokter anak. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa macam dokter anak. Ada dokter anak umum dan ada dokter anak konsultan.

Dokter anak konsultan artinya dokter anak yang sudah mendalami 1 bidang tertentu hingga mendapat tambahan gelar konsultan. Ditandai dengan penambahan huruf K dalam tanda kurung, dibelakang gelar spesialis anaknya. Saat ini ada 13 bidang konsultan dokter anak, baca di dokter anak konsultan.

Dokter anak konsultan ini mempunyai kompetensi yang lebih untuk mengobati penyakit – penyakit dalam bidang tertentu. Jadi kalo anda membutuhkan second opinion karena penyakit gak kunjung sembuh anda dapat berkonsultasi ke dokter anak konsultan sesuai penyakit anak anda.

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , , Read 7 articles by

Kesehatan Anak Info

Like Me