Cacar air

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoozter virus. Harap diperhatikan bahwa penyebabnya adalah virus bukan bakteri. Jadi tidak ada gunanya anak yang menderita cacar air diberi antibiotik karena antibiotik tidak bisa membunuh virus.

Virus penyebab cacar air ditularkan oleh penderita melalui percikan ludah. Virus masuk ke tubuh melalui udara melewati saluran nafas bagian atas. Virus cacar air kemudian menempel pada permukaan saluran nafas dan berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan limfe. Waktu yang diperlukan virus cacar air untuk masuk ke tubuh dan menimbulkan gejala kurang lebih 14 hari.

Virus cacar air dapat menyerang semua golongan umur termasuk bayi. Seumur hidup seseorang hanya satu kali menderita cacar air karena setelah terkena penyakit tubuh akan membentuk antibodi terhadap virus cacar air.

Gejala cacar air

cacar air1 Cacar airAnak awalnya hanya mengeluh lemas, nyeri kepala, tidak nafsu makan, demam. Kemudian timbul ruam – ruam merah di muka yang menyebar cepat  ke seluruh badan. Ruam – ruam tadi dengan cepat berubah menjadi bintil – bintil kecil yang tampak berisi air. Bintil tadi akan mengering dan mengelupas sendiri 1 -3 minggu kemudian. Bekas cacar air tadi berangsur – angsur akan hilang. Yang perlu diperhatikan, jangan menggaruk atau mengelupas sendiri bintil tersebut karena akan menimbulkan bekas yang lebih dalam. Biarkan bintil tersebut kering dan mengelupas sendiri.

Komplikasi cacar air

cacar air Cacar airPada anak sehat, cacar air merupakan penyakit ringan dan jarang menimbulkan komplikasi serius. Komplikasi tersering adalah infeksi kulit. Pada anak perempuan bekas cacar air juga hal yang harus dipikirkan, terutama bekas cacar air yang berada di daerah wajah. Komplikasi lain seperti radang paru, radang sendi dan tulang. Pada ibu hamil, virus cacar air dapat menyebabkan kelainan pada janin.

Pengobatan cacar air

Cacar air umumnya ringan dan sembuh sendiri. Anak mungkin hanya perlu diberikan obat penurun panas, obat gatal dan bedak salicyl. Karena cacar air disebabkan oleh virus maka tidak diperlukan antibiotic kecuali adanya infeksi kulit oleh bakteri. Untuk mencegah infeksi kulit, maka anak perlu dijaga kebersihan kulitnya dengan mandi teratur.

Obat antivirus seperti acyclovir dapat diberikan dan efektif untuk mengurangi lama demam dan jumlah bintil – bintil yang keluar dengan syarat diberikan 24 jam sejak onset ruam.

Baca artikel : mitos seputar cacar air

Referensi : Buku ajar infeksi dan pediatri tropis.IDAI 2008

Popular search terms:

Kesehatan Anak Info

Like Me