Apa yang terjadi pada payudara ketika menyusui?

Apa sih yang terjadi pada seorang ibu yang menyusui bayinya? Anda akan takjub betapa seorang wanita ( calon ibu) sudah dipersiapkan dengan sempurnanya oleh yang Maha Pencipta sejak mulai mengandung agar dapat mengeluarkan air susunya ketika bayi lahir. Namun, persiapan yang dahsyat itu hanya sia – sia karena sang ibu tidak mau menyusui bayinya karena alasan yang tidak masuk akal.

Saat kehamilam

Saat seorang wanita hamil, akan terjadi proses yang disebut laktogenesis. Proses ini mempersiapkan infrastruktur payudara agar kelak dapat memproduksi ASI dengan baik. Karena proses inilah payudara akan  membesar ukurannya, karena semua komponen yang terlibat dalam produksi ASI akan bertambah jumlahnya, yaitu alveolus, lobulus, dan duktus laktiferus. Penambahan jumlah komponen ini ibaratnya penambahan mesin produksi pada suatu pabrik.

menyusui bayi

Saat kehamilan sebenarnya payudara sudah siap dan mampu untuk memproduksi ASI.Namun, hormon yang berperan dalam memproduksi ASI, yaitu oksitosin dan prolaktin dihambat  kerjanya oleh hormon progesteron yang ada pada plasenta ibu. Sesudah  bayi lahir, plasenta akan dikeluarkan, nah saat itulah  hormon prolaktin dan oksitosin mulai bekerja. Maka mulailah ASI akan diproduksi.

 

Apa saja yang akan meningkatkan produksi ASI?

Hisapan bayi

Sudah terbukti secara ilmiah, hisapan bayi pada payudara ibu meningkatkan produksi ASI. Karena itulah ibu yang baru saja melahirkan akan disuruh dokter untuk sering – sering meneteki bayinya walaupun ASInya belum keluar.

Apa yang sebenernya yang terjadi ketika bayi menghisap payudara ibu?

proses menyusui bayi

Ketika bayi menghisap payudara ibu akan merangsang suatu saraf yang disebut “nervus vagus” untuk mengirim sinyal ke bagian otak yang disebut “hipotalamus”. Rangsangan ini menyebabkab hipotalamus untuk mengeluarkan hormon prolaktin dan  oksitosin.

Hormon prolaktin diproduksi di hipotalamus anterior yang kemudian  akan merangsang suatu  jenis sel, disebut sel asiner, di kelenjar payudara untuk  memproduksi ASI. Sedangkan hipotalamus posterior akan menghasilkan oksitosin yang akan merangsang otot otot kecil di sekitar kelenjar payudara untuk berkontraksi yang menyebabkan ASI keluar dari  payudara.

Manfaat lain dari hormon oksitosin adalah membuat  otot uterus berkontraksi sehingga mengurangi perdarahan dan uterus cepat kembali ke ukuran sebelum hamil.

Obat Pelancar ASI

Dengan memahami bagaimana ASI diproduksi, para ilmuwan kemudian membuat berbagai macam obat yang dapat meningkatkan produksi ASI. Beberapa obat sudah dibuktikan aman dan mempunyai efektifitas yang baik. Bila memang dirasa perlu, konsultasilah dengan dokter anda, perlukah anda mendapat obat pelancar ASI.

Artikel populer : cacar air    susu formula

Popular search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *