Apa itu thalassemia ??

Thalassemia adalah penyakit genetik atau penyakit keturunan. Anak dengan thalassemia  memiliki gangguan pada  proses pembentukan rantai penyusun hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah. Hemoglobin normal dibentuk oleh 2 jenis rantai globin yaitu rantai alfa dan beta. Pada pasien thalassemia beta terdapat gangguan produksi rantai beta. Sedang pada pasien thalassemia alfa terdapat gangguan produksi rantai alfa. Akibatnya sel darah merah yang terbentuk memiliki umur yang pendek, sehingga pasien thalassemia mengalami anemia atau kekurangan darah. Untuk mengatasi kondisi kekurangan darah maka pasien thalassemia harus mendapat transfusi darah rutin.

hemoglobin Apa itu thalassemia ??

Berdasarkan kondisi klinisnya, penyakit thalassemia dibagi menjadi 3 yaitu

  • Thalassemia  mayor :  membutuhkan transfusi darah  rutin.
  • Thalassemia  intermedia:  gejala  ringan,  membutuhkan  transfusi  darah  tetapi tidak rutin.
  • Thalassemia  minor/trait/pembawa sifat:  tidak  bergejala,  tidak membutuhkan  transfusi  darah,  hidup normal.

Cara thalassemia diturunkan

Anak dengan penyakit thalassemia mendapat gen penyakit  thalassemia dari orang tuanya. Bila kedua orangtuanya adalah pembawa sifat maka kemungkinan sebanyak 25% anaknya akan menderita thalassemia mayor, 50% merupakan pembawa sifat dan 25% sisanya anak normal.

skemathalassemiabeta 300x205 Apa itu thalassemia ??

Pencegahan thalassemia

Saat ini thalassemia belum dapat diobati tapi dapat dicegah. Dari beberapa penelitian, sebanyak 6-10% orang dari populasi adalah pembawa sifat. Karena jumlah pembawa sifat yang cukup banyak dan para pembawa sifat ini tidak menunjukkan gejala berarti maka terjadinya pernikahan diantara pembawa sifat sangat mungkin terjadi. Bila terjadi pernikahan diantara pembawa sifat maka terdapat kemungkinan anaknya menderita thalassemia mayor.

Hindari pernikahan antar pembawa sifat dengan cara melakukan skrining darah pra nikah. Skrining darah tahap awal dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan darah sederhana yaitu Hb, MCV,MCH di laboratorium.Biaya  pemeriksaan ini hanya sekitar Rp.50.000-Rp.100.000 . Bila ditemukan kelainan dokter akan menganjurkan pemeriksaan tambahan.

Popular search terms:

Kirim ke teman:
facebook Apa itu thalassemia ??twitter Apa itu thalassemia ??google plus Apa itu thalassemia ??whatsapp Apa itu thalassemia ??pinterest Apa itu thalassemia ??line Apa itu thalassemia ??yahoo Apa itu thalassemia ??gmail Apa itu thalassemia ??
Lazada Indonesia
kesehatan anak tagged this post with: , Read 68 articles by