Alergi Susu Sapi

Apa yang dimaksud dengan alergi susu sapi?

Yang dimaksud dengan istilah alergi susu di masyarakat adalah alergi susu sapi. Seperti kita ketahui, sebagian besar susu formula yang ada di pasar saat ini adalah susu formula yang berbahan dasar susu sapi. Nah, ternyata ada sebagian bayi yang  alergi dengan protein yang ada di susu sapi.

Alergi susu sapi artinya si bayi tidak tahan dengan komponen yang ada di susu sapi, dalam hal ini biasanya protein yang ada di susu sapi. Mekanisme imun si bayi bisa dikatakan terlalu sensitif terhadap protein susu sapi. Sehingga bila ada protein susu sapi masuk ke tubuh akan dinilai sebagai benda asing yang berbahaya bagi tubuh sehingga muncullah respon tubuh yang berlebihan seperti gatal – gatal, diare, batuk dll.

Alergi susu sapi akan membaik seiring dengan bertambahnya usia, bukan sebaliknya. Gejala alergi susu sapi biasanya sudah mulai sejak lahir. Jika gejala alergi susu sapi baru muncul di atas usia 6 bulan, sangat mungkin penyebabnya bukan alergi susu sapi.

Gejala alergi susu sapi

Anak yang mempunyai alergi susu sapi biasanya, sekitar 90% memiliki riwayat atopi. Apa artinya? Artinya bayi yang mempunyai alergi susu sapi sebagian besar mempunyai  anggota keluarga yang lain yang memiliki penyakit alergi misal, asma, pilek alergi atau kaligata (bentol –bentol di kulit).

Gejala alergi susu sapi dapat mulai muncul kurang dari 8 jam sejak susu mulai dikonsumsi hingga pada kasus tertentu, gejala dapat mulai timbul hingga hari ke-7. Jadi, bila anak sudah minum susu sapi sejak dua bulan yang lalu kemudian saat ini baru mulai timbul keluhan, pikirkan kemungkinan penyebab yang lain.

Gejala alergi susu sapi dapat timbul di berbagai organ tubuh. Di saluran pencernaan dapat timbul keluhan muntah, diare, BAB darah, sembelit, kembung dll. Karena gangguan di saluran cerna ini, anak bisa dehidrasi( kekurangan cairan), berat badan tidak naik dan kurang darah.

Di kulit dapat timbul ruam merah, yang biasa disebut orang eksim. Di saluran nafas dapat timbul keluhan sering bersin, pilek, sesak, batuk dan nafas yang bunyi.

alergi susu sapi Alergi Susu Sapi

Apakah bayi yang minum ASI ekslusif dapat timbul alergi susu sapi?

Bisa. Ternyata, protein susu sapi dapat keluar juga melalui ASI. Sehingga bayi yang mempunyai alergi susu sapi, dapat timbul gejala alergi susu sapi walaupun hanya mendapat ASI saja kalo ibunya makan atau minum makanan yang mengandung susu sapi.

Pencegahan alergi susu sapi

Bagaimana caranya agar anak kita terhindar dari alergi susu sapi? Ternyata pemberian ASI eksklusif terbukti dapat mengurangi angka kejadian alergi. Bila pemberian ASI tidak memungkinkan, pada bayi yang memiliki risiko tinggi, artinya, memang ada riwayat keluarga yang menderita alergi (bisa ortu,saudara, kakek atau nenek) maka pada bayi yang seperti ini dapat diberikan susu hipoalergenik (susu HA). Baca tentang susu HA dan rekomendasi pemberian makanan pada bayi risiko alergi.

Terapi alergi susu sapi?

Silahkan baca di artikel berikutnya : terapi alergi susu sapi.

 

 

 

Popular search terms:

kesehatan anak tagged this post with: , , Read 58 articles by

Kesehatan Anak Info

Kuesioner alergi anak

Apakah anak anda menderita penyakit alergi?ingin tahu lebih lanjut? Anda berdomisili di Jakarta. Isi kuesioner penelitian Dr.Meida bekerjasama dengan divisi alergi imunologi Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Klik di di sini Dr. Meida Tanukusumah

Like Me